Jumat, 15 Juli 2016

Resep daging sapi rasa kenangan


Efek jadi anak bungsu dengan banyak sodara perempuan. Keahlian saya bukan di memasak. Karena sejak kecil saya jadi tukang bolak-balik ke warung atau bantuin marud kelapa, motong - motong, kupas-kupas, kalau bikin kue yg bagian ngegulung - gulung, atau mixer aja. Jadi masak itu ga tahu proses awal sampai akhirnya.

Efek jadi mahasiswa sampai sekarang, yg kalau masak ga niat, seadanya, sekenanya, dan alakadarnya. Berefek nervous ketika masakin sesuatu buat suami. Sebelum memasak pasti saya akan minta maaf dulu kalau ga enak nanti nya.

Efek lebaran ga bisa mudik, akhirnya alhamduliilah suami bisa datang ke sini. Dan kita membajak rumah. Dan akhirnya bisa merasakan peran sebagai istri. Heheee. Biasanya kalau ketemu di hotel, di rumah ibu, di rumah ibu mertua, yg cenderung ga masak.

Dan ketakutan itu ada. Kerjaan sebelum lebaran liatin menu masakan, resep, cara memasak, dll. Dan di mulailah dengan belanja dengan segala ada. Dengan bumbu rempah lengkap.

Dan masak daging nya baru sempat sekarang dimana saya ga tahu ini resep apa. Saya cuma campur - campur segala yg ada. Tapi satu, ketika saya tambahkan parutan pala ke daging nya, terciumlah aroma kenangan masakan ibu. Biasanya hanya bisa mencium, tanpa perduli resep nya apa. Selama lebaran ini, saya jadi tahu bau sambal dengan campuran daun salam, bau santan dengan hati sapi, bau buah pala dengan daging sapi.

Memang tidak sesusah rendang, gepuk, gule, tapi saya tahu banyak orang bisa tahu resep satu masakan hanya dengan mencium bau atau mencicipinya.
Mungkin hasil akhir kurang menarik. Tapi rasanya alhamduliilah... hehe

Saya ingin mengsave resepnya. Ga tahu nama masakannya apa. Yang jelas enak.

Bahan:
Daging sapi
bawang merah
bawang putih
bawang bombai
tomat
cabe merah besar
cabe merah keriting
cabe rawit
sereh
lengkuas
paprika

cara membuat:
1. Daging sapi direbus-ditiriskan-dipotong tipis tipis kecil. 
2. Siapkan bumbu dasar merah. Bawang merah, bawang putih, tomat, semua cabe di blender. Lalu dimasak sampai harus. Tambahkan daun salam. Bumbu dasar ini bisa disimpan lama dalam kulkas untuk memasak yang lain.
3. Letakan sedikit minyak dalam penggorengan. Goreng daging sapi yang sudah dipotong-potong tadi. Lalu tambahkan bawang bombai. Goreng sampai harus dan bawang layu. Tambahkan garam, merica, gula putih sedikit, dan parutan buah pala (ini rasanya enak banget). Tambahkan bumbu merah tadi dan geprekan sereh dan lengkuas.
3. Tunggu sampai matang, dan tambahkan potongan paprika. Dan Sajikan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar