Sabtu, 05 Maret 2016

Buku dan Pengalaman

"Buku adalah jendela dunia", tulisan itu saya temui disetiap perpustakaan-perpustakaan sekolah. Memperkenalkan kita pada dunia, mengajarkan sesuatu yang kita belum tahu tentang dunia.

Sudah terhitung tahun saya tidak pernah menginjakan kaki di perpustakaan. Menjadi pembaca facebook dan google yang setia. Dan saya masih bisa dikatakan belajar, sekalipun dari novel-novel dari penulis favorit saya.

Sejak menjauh dari perpustakaan, sejak itu pula saya bisa melanjutkan kata mutiara itu "... dan pengalaman adalah pintunya". Pada akhirnya pengalamanlah yang membuat dunia itu berbeda dari hanya apa yang kita liat dari bingkai sebuah jendela. Dari jumlah halaman sebuah buku.

Ada kebahagian yang berbeda, juga ada ketakutan yang berbeda setiap apa yang kita sendiri alami, dengan apa yang diceritakan di buku. Alasannya sederhana, "siapa yang melihatnya". Mungkin buku adalah apa yang dialami oleh penulis, dan kita menitipkan cara pandang kita terhadap dunia melalui cara pandang penulis sebuah buku. Dan pengalaman sendiri akan memberi rasa dan cara pandang untuk setiap kenangan (buku) yang akan kita tulis tentang dunia.

France, March 5, 2016

Tidak ada komentar :

Posting Komentar